Sukses Itu Harus Dipaksa

Sukses itu harus dipaksa mungkin adalah judul tulisan tulisan pertama di blog pribadi ke-2 yang baru saya buat. Blog pertama saya dengan alamat http://arul-poenya.blogspot.com/ adalah blog yang pernah saya buat di tahun 2006. Hingga tahun 2012 hanya terdapat 24 postingan saja dalam blog tersebut. Maklumlah pembuatan blog ini memang bertujuan hanya untuk sekedar bisa membuat blog & bisa publish sesuatu di blog itu selesai. Tidak ada target lebih atau yang lainnya. Selama 8 tahun blog pertama saya itu mengalami kevakuman, sampai-sampai akun dan password untuk masuk blog tersebut sudah lupa. 😇  

Hingga akhirnya pada 8 September 2020, saya mengikuti kegiatan webinar "Berkreasi Membuat Konten Pembelajaran di Youtube, Blog dan Podcast" yang diselenggarakan oleh Radio Edukasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Dalam kegiatan webinar melalui aplikasi Zoom Meeting tersebut ketiga nara sumbernya sangat menginspirasi saya. Ada top youtuber Paman Apiq, Om Jay si top Blogger dan top Podcaster Mas Pradipta. Dari mereka bertiga inilah saya termotivasi untuk berkarya terutama membuat tulisan di blog. 


Di sela-sela sesi tanya jawab setelah Om Jay menyampaikan materinya saya bertanya via chat zoom dan whatsapp kepada Beliau. Saya melontarkan pertanyaan berikut: "Om Jay salam kenal dari saya Bahrul Ulum dari Pasuruan Jawa Timur. Kebanyakan guru kalo disuruh menulis itu susah, apalagi guru swasta yg tdk ada tuntutan kenaikan pangkat. Bagaimana tipsnya utk bisa menjadikan menulis itu menjadi kebiasaan?". Jawaban Om Jay dari pertanyaan saya tersebut adalah: "Cara saya adalah dengan keteladanan dan prestasi, ketika mereka lihat saya sukses dan berprestasi, maka akan banyak guru yang mengikutinya. Jadi harus dimulai dari diri sendiri dulu". Mendengar jawaban dari Om Jay seperti itu, saya awalnya merasa berat hati karena kuncinya ada pada saya sendiri. Saya harus bisa menunjukkan bahwa saya layak menjadi contoh dulu. Akhirnya, walau dengan berat hati saya tetap bertekad bahwa saya bisa melakukannya. Terlebih lagi Om Jay menambahkan saya juga ke grup whatsapp "Belajar menulis gelombang 2". Dari grup ini juga saya banyak mendapatkan inspirasi sekaligus motivasi untuk bisa mengikuti langkah dari Om Jay.


Langkah pertama yang saya lakukan adalah membuat blog baru sebagai media untuk bisa memaksa saya bahwa saya bisa menulis dan menjadi blogger sejati. Bismillahirrahmanirrohiim, mudah-mudahan dengan tulisan pertama saya ini bisa mengantarkan saya menjadi sukses. Sukses dalam menulis serta menghasilkan karya-karya untuk menginspirasi bagi yang lain. Terimakasih untuk Om Jay yang telah memberikan arahan dan membangun inspirasi bagi saya. Jazakumulloh Ahsanal Jaza'.



Komentar

  1. Perjalanan karir bloger yg seru. Salam ke Om Jay moga bisa menerbitkan karya Guru yang super hebat. Heheuu... salam dingin di awal november.

    BalasHapus
  2. awalnya keterpaksaan lama lama menjadi kebiasaan, termasuk juga di kala sakit, https://wijayalabs.com/2020/11/01/menulis-di-kala-sakit/

    BalasHapus
  3. Aamiin untuk doanya.

    Share juga ilmu menulis dr grup tsb bosque...😃

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

BAYGON IKUT GOWES SE PASURUAN RAYA

MKKS SMK Kota Pasuruan Gelar Pisah Kenang di Banyuwangi (Lanjutan)

SMK BAYT AL HIKMAH GELAR SELEKSI LOMBA POSTER MENUJU OLIMPIADE TIK DIGITAL TINGKAT JAWA TIMUR